TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
MAN KLATEN
2011-2012
Kelas/Semester : X - Semester 1
Standar Kompetensi : 1. Melakukan operasi dasar komputer
Kompetensi Dasar : 1.1 Mengaktifkan dan mematikan komputer sesuai dengan prosedur
|
Alokasi Waktu : 180 menit
4 jam pelajaran
|
No
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian
|
Penilaian
|
Alokasi waktu (Menit)
|
Sumber/ Bahan/Alat
|
1.1.1
|
Fungsi dan jenis-jenis port yang terdapat pada console/system unit
|
· Mengidentifikasi jenis-jenis port sesuai dengan fungsinya
· Menghubungkan masing-masing kabel ke dalam port yang sesuai dan benar
· Menghubungkan power supply pada console ke sumber arus listrik
|
· Mendemonstrasikan cara merangkai console/system unit, monitor, keyboard dan mouse dengan benar
|
Tertulis:
· Menjodohkan
· Praktik
|
30
30
30
|
Buku panduan, internet, buku digital
|
1.1.2
|
Prosedur menghidupkan dan mematikan komputer
|
· Mempraktikkan prosedur menghidupkan komputer
· Mengidentifikasi spesifikasi komputer pada saat tampilan booting di monitor
|
· Mendemonstrasikan cara menghidupkan komputer sesuai dengan prosedur baku
|
Praktik
|
15
15
|
Buku panduan, internet, buku digital
|
· Mengetahui dampak-dampak yang terjadi akibat prosedur mematikan komputer yang salah
· Mengidentifikasi tampilan awal dalam sebuah operating system
· Mempraktikkan prosedur mematikan komputer
(Kecakapan hidup: Identifikasi variabel, menghubungkan variabel, merumuskan, hipotesis,mengambil keputusan)
|
· Mendemonstrasikan cara mematikan komputer sesuai dengan prosedur baku
|
Tertulis: Uraian
Praktik
|
30
15
15
|
Buku panduan, internet, buku digital
|
Kompetensi Dasar : 1.2 Menggunakan perangkat lunak beberapa program aplikasi
|
Alokasi Waktu : 180 menit
4 jam pelajaran
|
No
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian
|
Penilaian
|
Alokasi waktu (Menit)
|
Sumber/ Bahan/Alat
|
1.2.1
|
Macam-macam perangkat lunak beserta fungsinya
|
· Mencari informasi nama-nama perangkat lunak untuk pengolah kata
· Mencari informasi nama-nama perangkat lunak untuk akses internet
· Mencari informasi nama-nama perangkat lunak untuk pengolah angka
|
· Mengenal beberapa kelompok aplikasi beserta fungsinya
|
Penugasan
Diskusi Kelompok
|
15
15
15
|
Buku panduan, internet, buku digital
|
· Mencari informasi nama-nama perangkat lunak untuk desain grafis
· Mencari informasi nama-nama perangkat lunak untuk pembuat presentasi
· Mengelompokkan macam-macam kelompok aplikasi perangkat lunak berdasarkan fungsinya
|
· Mengenal beberapa aplikasi yang terdapat dalam operating system
|
Penugasan
Diskusi Kelompok
|
15
15
15
|
Buku panduan, internet, buku digital
| ||
· Mengidentifikasi jenis-jenis beserta fungsi aplikasi yang terdapat dalam operating system
· Mendemonstrasikan penggunaan beberapa perangkat lunak yang terdapat dalam operating system
(Kecakapan hidup : menggali inforrmasi, mengolah informasi, mengambil keputusan)
|
· Menggunakan beberapa program aplikasi yang terdapat dalam operating system
|
Praktik
|
30
60
|
Buku panduan, internet, buku digital
|
Standar Kompetensi : 2. Memahami fungsi dan proses kerja berbagai peralatan teknologi informasi dan komunikasi
Kompetensi Dasar : 2.1 Mendeskripsikan fungsi, proses kerja komputer, dan telekomunikasi, serta berbagai peralatan teknologi informasi dan komunikasi
|
Alokasi Waktu : 180 menit
4 jam pelajaran
|
No
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian
|
Penilaian
|
Alokasi waktu (Menit)
|
Sumber/ Bahan/Alat
|
2.1.1
|
Input, proses, output yang berkaitan dengan informasi
|
· Mencari informasi tentang elemen siklus pemrosesan informasi
· Menjelaskan perbedaan antara input, proses dan output
· Mencari informasi tentang pengertian teknologi informasi dan komunikasi
· Mendeskripsikan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi sejak zaman prasejarah, sejarah sampai zaman moderen
|
· Mengidentifikasi elemen siklus pemrosesan informasi
|
Penugasan individu
|
15
30
15
30
|
Buku panduan, internet, buku digital
|
2.1.2
|
Teknologi informasi dan komunikasi
|
· Menyebutkan macam-macam perangkat keras yang digunakan untuk teknologi informasi
|
· Menjelaskan pengertian dari teknologi informasi dan teknologi komunikasi
|
Uraian
|
15
|
Buku panduan, internet, buku digital
|
· Menyebutkan fungsi masing-masing perangkat keras yang digunakan untuk teknologi informasi
|
· Mengidentifikasi perangkat keras yang digunakan untuk teknologi informasi beserta fungsinya
|
Uraian
|
30
|
Buku panduan, internet, buku digital
| ||
· Menyebutkan macam-macam perangkat keras yang digunakan untuk teknologi komunikasi
· Menyebutkan fungsi masing-masing perangkat keras yang digunakan untuk teknologi komunikasi
(Kecakapan hidup: menggali informasi, mengolah informasi, mengambil keputusan)
|
· Mendeskripsikan macam-macam peralatan teknologi komunikasi beserta fungsinya
|
Menjodohkan
|
15
30
|
Buku panduan, internet, buku digital
|
Kompetensi Dasar : 2.2. Menjelaskan fungsi, dan cara kerja jaringan telekomunikasi (wireline, wireless, modem dan satelit)
|
Alokasi Waktu : 180 menit
4 jam pelajaran
|
No
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian
|
Penilaian
|
Alokasi waktu (Menit)
|
Sumber/ Bahan/Alat
|
2.2.1
|
Jaringan Telekomunikasi (wireline, wireless, modem dan satelit)
|
· Mencari informasi tentang jaringan menggunakan kabel dan nirkabel
|
· Menjelaskan perbedaan antara jaringan telekomunikasi dengan menggunakan kabel dan nirkabel
|
Penugasan individu
|
30
|
Buku panduan, internet, buku digital
|
· Menjelaskan kelebihan dan kekurangan jaringan telekomunikasi kabel dan nirkabel
|
· Menjelaskan cara kerja modem pada jaringan telekomunikasi
|
30
|
Buku panduan, internet, buku digital
| |||
· Mencari informasi tentang cara kerja modem pada jaringan telekomunikasi
· Menjelaskan cara kerja modem pada jaringan telekomunikasi
· Mencari informasi tentang fungsi satelit pada jaringan telekomunikasi
· Menjelaskan fungsi satelit pada jaringan telekomunikasi
(Kecakapan hidup : menggali informasi, mengolah informasi, mengambil keputusan
|
· Menjelaskan fungsi satelit pada jaringan telekomunikasi
|
Penugasan individu
Uraian
|
30
30
30
30
|
Buku panduan, internet, buku digital
Buku panduan, internet, buku digital, jurnal, Koran, majalah
|
Kompetensi Dasar : 2.3 Mendemonstrasikan fungsi dan cara kerja perangkat lunak aplikasi teknologi informasi dan komunikasi
|
Alokasi Waktu : 135 menit
3 jam pelajaran
|
No
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian
|
Penilaian
|
Alokasi waktu (Menit)
|
Sumber/ Bahan/Alat
|
2.3.1
|
Macam-macam aplikasi perangkat lunak beserta fungsinya
|
· Mencari informasi tentang berbagai jenis perangkat lunak teknologi informasi yang ada di lingkungannya
|
· Mengidentifikasi perangkat lunak yang digunakan untuk teknologi informasi beserta fungsinya
|
Penugasan individu
|
15
|
Buku panduan, internet, buku digital
|
· Menjelaskan fungsi masing-masing perangkat lunak untuk teknologi informasi
|
· Mengidentifikasi perangkat lunak yang digunakan untuk teknologi komunikasi beserta fungsinya
|
Uraian
|
30
|
Buku panduan, internet, buku digital
| ||
· Mencari informasi tentang berbagai jenis perangkat lunak teknologi komunikasi yang ada di lingkungannya
· Menjelaskan fungsi masing-masing perangkat lunak untuk teknologi komunikasi
· Mencari informasi tentang manfaat perangkat lunak dalam memperoleh informasi
· Mendemonstrasikan perangkat lunak untuk memperoleh informasi
(Kecakapan Hidup: menggali informasi, mengolah informasi, mengambil keputusan)
|
· Mendemonstrasikan penggunaan salah satu perangkat lunak yang digunakan untuk memperoleh informasi
|
Praktik
|
15
30
15
30
|
Buku panduan, internet, buku digital
Buku panduan, internet, buku digital
|
Standar Kompetensi : 3. Memahami ketentuan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi
Kompetensi Dasar : 3.1. Menerapkan aturan yang berkaitan dengan etika dan moral terhadap perangkat keras dan perangkat lunak teknologi informasi dan komunikasi
|
Alokasi Waktu : 180 menit
4 jam pelajaran
|
No
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian
|
Penilaian
|
Alokasi waktu (Menit)
|
Sumber/ Bahan/Alat
|
3.1.1
|
Etika dan Moral dalam penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi
|
· Mencari informasi tentang aturan-aturan hak cipta
|
· Menjelaskan tentang aturan-aturan hak cipta
|
Penugasan individu/ kelompok
|
15
|
Buku panduan, internet, buku digital
|
· Mendiskusikan tentang aturan yang berkaitan dengan etika dan moral dalam pemanfaatan TIK
|
· Menjelaskan dampak pelanggaran hak cipta
|
Uraian
|
45
|
Buku panduan, internet, buku digital
| ||
· Menjelaskan dampak pelanggaran hak cipta melalui diskusi
|
· Menjelaskan jenis pelanggaran hak cipta
|
Praktik
|
20
|
Buku panduan, internet, buku digital
| ||
· Mendiskusikan etika dan moral yang berkaitan dengan pemanfaatan TIK dalam kehidupan sehari-hari.
· Mencari contoh kasus tentang pelanggaran hak cipta di media massa/media elektronik
· Mendiskusikan contoh kasus tentang duplikasi aplikasi yang ilegal
· Menggunakan aplikasi yang legal
(Kecakapan hidup: menggali informasi, mengolah informasi, mengambil keputusan)
|
· Menerapkan aturan-aturan hak cipta yang berkaitan dengan teknologi informasi dan komunikasi
|
45
45
10
|
Buku panduan, internet, buku digital
|
Kompetensi Dasar : 3.2. Menerapkan prinsip-prinsip Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) dalam menggunakan perangkat keras dan perangkat lunak teknologi Informasi dan komunikasi
|
Alokasi Waktu : 180 menit
4 jam pelajaran
|
No
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian
|
Penilaian
|
Alokasi waktu (Menit)
|
Sumber/ Bahan/Alat
|
3.2.1
|
Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) dalam penggunaan TIK
|
· Mencari informasi tentang K3
|
· Mengetahui prinsip-prinsip Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3)
|
Penugasan individu/ kelompok
|
45
|
Buku panduan, internet, buku digital
|
· Mendiskusikan tentang pentingnya Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) pada penggunaan TIK
|
· Memperagakan posisi duduk dengan baik dan benar
|
Uraian
|
45
|
Buku panduan, internet, buku digital
| ||
· Menempatkan letak meja, kursi dan unit komputer sesuai dengan prinsip-prinsip Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3).
· Bekerja menggunakan komputer sesuai prinsip-prinsip Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3)
(Kecakapan Hidup: Kesadaran akan eksistensi dan potensi diri, menggali informasi, dan komunikasi tertulis)
|
· Mendemonstrasikan cara menggunakan komputer dengan memperhatikan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3)
|
Praktik
|
45
45
|
Buku panduan, internet, buku digital
|
Kompetensi Dasar : 3.3 Menghargai pentingnya Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) dalam teknologi informasi dan komunikasi
|
Alokasi Waktu : 90 menit
2 jam pelajaran
|
No
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian
|
Penilaian
|
Alokasi waktu (Menit)
|
Sumber/ Bahan/Alat
|
3.3.1
|
UU Hak Cipta
|
· Mencari informasi tentang undang-undang hak cipta
· Mencari informasi tentang contoh Hak Cipta dari perangkat lunak
|
· Menjelaskan tentang undang-undang mengenai Hak Atas Kekayaan Intelektual
· Menjelaskan contoh hak cipta dari perangkat lunak
|
Penugasan individu/ kelompok
|
45
|
Buku panduan, internet, buku digital
|
· Mendiskusikan UU Yang berkaitan dengan sangsi pelanggaran Hak Cipta.
(Kecakapan hidup: menggali informasi, mengolah informasi, mengambil keputusan)
|
Uraian
|
45
|
Standar Kompetensi : 4. Menggunakan Operating System (OS)
Kompetensi Dasar : 4.1 Melakukan operasi dasar pada operating system (OS) komputer
|
Alokasi Waktu : 180 menit
4 jam pelajaran
|
No
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian
|
Penilaian
|
Alokasi waktu (Menit)
|
Sumber/ Bahan/Alat
|
4.1.1
|
Sistem Operasi
|
· Mencari informasi tentang sistem operasi
|
· Menjelaskan fungsi BIOS
|
Penugasan individu/ kelompok
|
30
|
Buku panduan, internet, buku digital
|
· Mendiskusikan fungsi-fungsi sistem operasi
|
· Menjelaskan fungsi Sistem Operasi
|
Uraian
|
45
|
Buku panduan, internet, buku digital
| ||
· Menyimpulkan perbedaan tentang BIOS dan Sistem Operasi melalui diskusi
|
· Membedakan Sistem Operasi dan BIOS
|
Praktik
|
15
|
Buku panduan, internet, buku digital
| ||
· Menggunakan BIOS
· Mempraktikkan operasi dasar BIOS dan sistem operasi
(Kecakapan hidup: menggali informasi, mengolah informasi, mengambil keputusan)
|
· Mendemonstrasikan penggunaan BIOS dan sistem operasi
|
45
45
|
Kompetensi Dasar : 4.2 Melakukan setting peripheral pada operating system (OS) komputer
|
Alokasi Waktu : 225 menit
5 jam pelajaran
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar