Sabtu, 15 Oktober 2011

silabus TIK Kls X



TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
MAN KLATEN
2011-2012


Kelas/Semester                :    X  -  Semester  1
Standar Kompetensi        :    1. Melakukan operasi dasar komputer
Kompetensi Dasar            :    1.1 Mengaktifkan dan mematikan komputer sesuai dengan prosedur
Alokasi Waktu       : 180 menit
                                   4 jam pelajaran


No
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian
Penilaian
Alokasi waktu (Menit)
Sumber/ Bahan/Alat

1.1.1

Fungsi dan jenis-jenis port yang terdapat pada console/system unit

·   Mengidentifikasi jenis-jenis port sesuai dengan fungsinya
·   Menghubungkan masing-masing kabel ke dalam port yang sesuai dan benar
·   Menghubungkan power supply pada console ke sumber arus listrik


·   Mendemonstrasikan cara merangkai console/system unit, monitor, keyboard dan mouse dengan benar

Tertulis:
·   Menjodohkan
·   Praktik

30

30

30

Buku panduan, internet, buku digital
1.1.2
Prosedur menghidupkan dan mematikan komputer
·   Mempraktikkan prosedur menghidupkan komputer
·   Mengidentifikasi spesifikasi komputer pada saat tampilan booting di monitor
·   Mendemonstrasikan cara menghidupkan komputer sesuai dengan prosedur baku
Praktik
15

15
Buku panduan, internet, buku digital


·   Mengetahui dampak-dampak yang terjadi akibat prosedur mematikan komputer yang salah
·   Mengidentifikasi tampilan awal dalam sebuah operating system
·   Mempraktikkan prosedur mematikan komputer
(Kecakapan hidup: Identifikasi variabel, menghubungkan variabel, merumuskan, hipotesis,mengambil keputusan)

·   Mendemonstrasikan cara mematikan komputer sesuai dengan prosedur baku

Tertulis: Uraian

Praktik
30


15

15
Buku panduan, internet, buku digital






Kompetensi Dasar            :    1.2 Menggunakan perangkat lunak beberapa program aplikasi
Alokasi Waktu       : 180 menit
                                   4 jam pelajaran

No
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian
Penilaian
Alokasi waktu (Menit)
Sumber/ Bahan/Alat

1.2.1

Macam-macam perangkat lunak beserta fungsinya

·   Mencari informasi  nama-nama perangkat lunak untuk pengolah kata
·   Mencari informasi nama-nama perangkat lunak untuk akses internet
·   Mencari informasi  nama-nama perangkat lunak untuk  pengolah angka


·   Mengenal beberapa kelompok aplikasi beserta fungsinya

Penugasan

Diskusi Kelompok

15

15

15

Buku panduan, internet, buku digital


·   Mencari informasi  nama-nama perangkat lunak untuk desain grafis
·   Mencari informasi nama-nama perangkat lunak untuk pembuat presentasi
·   Mengelompokkan macam-macam kelompok aplikasi perangkat lunak berdasarkan fungsinya

·   Mengenal beberapa aplikasi yang terdapat dalam operating system
Penugasan

Diskusi Kelompok
15

15


15
Buku panduan, internet, buku digital


·   Mengidentifikasi jenis-jenis beserta fungsi aplikasi yang terdapat dalam operating system
·   Mendemonstrasikan penggunaan beberapa perangkat lunak yang terdapat dalam operating system
(Kecakapan hidup : menggali inforrmasi, mengolah informasi, mengambil keputusan)

·   Menggunakan beberapa program aplikasi yang terdapat dalam operating system
Praktik
30


60
Buku panduan, internet, buku digital




Standar Kompetensi        :    2.       Memahami fungsi dan proses kerja  berbagai peralatan teknologi informasi dan  komunikasi
Kompetensi Dasar            :    2.1     Mendeskripsikan fungsi, proses kerja komputer, dan telekomunikasi, serta berbagai peralatan teknologi informasi dan komunikasi
Alokasi Waktu       : 180 menit
                                   4 jam pelajaran


No
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian
Penilaian
Alokasi waktu (Menit)
Sumber/ Bahan/Alat

2.1.1

Input, proses, output yang berkaitan dengan informasi

·   Mencari informasi tentang elemen siklus pemrosesan informasi
·   Menjelaskan perbedaan antara input, proses dan output
·   Mencari informasi tentang pengertian teknologi informasi dan komunikasi
·   Mendeskripsikan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi sejak zaman prasejarah, sejarah sampai zaman moderen


·   Mengidentifikasi elemen siklus pemrosesan informasi

Penugasan individu

15

30

15

30

Buku panduan, internet, buku digital
2.1.2
Teknologi informasi dan komunikasi
·   Menyebutkan macam-macam perangkat keras yang digunakan untuk teknologi informasi
·   Menjelaskan pengertian dari teknologi informasi dan teknologi komunikasi

Uraian
15
Buku panduan, internet, buku digital


·   Menyebutkan fungsi masing-masing perangkat keras yang digunakan untuk teknologi informasi
·   Mengidentifikasi perangkat keras yang digunakan untuk teknologi informasi beserta fungsinya

Uraian
30
Buku panduan, internet, buku digital


·   Menyebutkan macam-macam perangkat keras yang digunakan untuk teknologi komunikasi
·   Menyebutkan fungsi masing-masing perangkat keras yang digunakan untuk teknologi komunikasi
(Kecakapan hidup: menggali informasi, mengolah informasi, mengambil keputusan)

·   Mendeskripsikan macam-macam peralatan teknologi komunikasi beserta fungsinya
Menjodohkan
15


30
Buku panduan, internet, buku digital




Kompetensi Dasar            :    2.2.  Menjelaskan fungsi, dan cara kerja jaringan telekomunikasi (wireline, wireless, modem dan satelit)
Alokasi Waktu       : 180 menit
                                   4 jam pelajaran

No
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian
Penilaian
Alokasi waktu (Menit)
Sumber/ Bahan/Alat

2.2.1

Jaringan Telekomunikasi (wireline, wireless, modem dan satelit)

·   Mencari informasi tentang jaringan menggunakan kabel dan nirkabel

·   Menjelaskan perbedaan antara jaringan telekomunikasi dengan menggunakan kabel dan nirkabel


Penugasan individu

30

Buku panduan, internet, buku digital


·   Menjelaskan kelebihan dan kekurangan jaringan telekomunikasi kabel dan nirkabel
·   Menjelaskan cara kerja modem  pada jaringan telekomunikasi


30
Buku panduan, internet, buku digital


·   Mencari informasi tentang cara kerja modem pada jaringan telekomunikasi


·   Menjelaskan cara kerja modem pada jaringan telekomunikasi


·   Mencari informasi tentang fungsi satelit pada jaringan telekomunikasi

·   Menjelaskan fungsi satelit pada jaringan telekomunikasi
(Kecakapan hidup : menggali informasi, mengolah informasi, mengambil keputusan

·   Menjelaskan fungsi satelit pada jaringan telekomunikasi
Penugasan individu


Uraian
30



30



30


30
Buku panduan, internet, buku digital

Buku panduan, internet, buku digital, jurnal, Koran, majalah






Kompetensi Dasar            :    2.3     Mendemonstrasikan fungsi dan cara kerja perangkat lunak aplikasi teknologi   informasi dan komunikasi
Alokasi Waktu       : 135 menit
                                   3 jam pelajaran

No
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian
Penilaian
Alokasi waktu (Menit)
Sumber/ Bahan/Alat

2.3.1

Macam-macam aplikasi perangkat lunak beserta fungsinya

·   Mencari  informasi tentang berbagai jenis perangkat lunak teknologi informasi yang ada di lingkungannya 

·   Mengidentifikasi perangkat lunak yang digunakan untuk teknologi informasi beserta fungsinya


Penugasan individu

15

Buku panduan, internet, buku digital


·   Menjelaskan fungsi masing-masing perangkat lunak untuk teknologi informasi
·   Mengidentifikasi perangkat lunak yang digunakan untuk teknologi komunikasi beserta fungsinya

Uraian
30
Buku panduan, internet, buku digital


·   Mencari  informasi tentang berbagai jenis perangkat lunak teknologi komunikasi yang ada di lingkungannya 
·   Menjelaskan fungsi masing-masing perangkat lunak untuk teknologi komunikasi
·   Mencari informasi tentang manfaat perangkat lunak dalam memperoleh informasi
·   Mendemonstrasikan perangkat lunak untuk memperoleh informasi
(Kecakapan Hidup:  menggali informasi, mengolah  informasi, mengambil keputusan)

·   Mendemonstrasikan penggunaan salah satu perangkat lunak yang digunakan untuk memperoleh informasi

Praktik



15


30


15


30
Buku panduan, internet, buku digital
Buku panduan, internet, buku digital








Standar Kompetensi        :    3.       Memahami ketentuan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi
Kompetensi Dasar            :    3.1. Menerapkan aturan yang berkaitan dengan etika dan moral terhadap perangkat keras dan perangkat lunak teknologi informasi dan komunikasi
Alokasi Waktu       : 180 menit
                                   4 jam pelajaran

No
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian
Penilaian
Alokasi waktu (Menit)
Sumber/ Bahan/Alat

3.1.1

Etika dan Moral dalam penggunaan  Teknologi Informasi dan  Komunikasi

·   Mencari informasi tentang aturan-aturan hak cipta

·   Menjelaskan tentang aturan-aturan hak cipta

Penugasan individu/ kelompok

15

Buku panduan, internet, buku digital



·   Mendiskusikan tentang aturan yang berkaitan dengan etika dan moral dalam pemanfaatan TIK
·   Menjelaskan dampak pelanggaran hak cipta
Uraian
45
Buku panduan, internet, buku digital



·   Menjelaskan dampak pelanggaran hak cipta melalui diskusi
·   Menjelaskan jenis pelanggaran hak cipta
Praktik
20
Buku panduan, internet, buku digital



·   Mendiskusikan etika dan moral yang berkaitan dengan pemanfaatan TIK dalam kehidupan sehari-hari.
·   Mencari contoh kasus tentang pelanggaran hak cipta di media massa/media elektronik
·   Mendiskusikan contoh kasus tentang duplikasi aplikasi yang ilegal
·   Menggunakan aplikasi yang legal
(Kecakapan hidup: menggali informasi, mengolah informasi, mengambil keputusan)

·   Menerapkan aturan-aturan hak cipta yang berkaitan dengan teknologi informasi dan komunikasi





45


45

10


Buku panduan, internet, buku digital









Kompetensi Dasar            :    3.2. Menerapkan prinsip-prinsip Kesehatan dan  Keselamatan Kerja (K3) dalam menggunakan perangkat keras dan perangkat lunak teknologi Informasi dan komunikasi
Alokasi Waktu       : 180 menit
                                   4 jam pelajaran

No
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian
Penilaian
Alokasi waktu (Menit)
Sumber/ Bahan/Alat

3.2.1

Kesehatan dan  Keselamatan Kerja (K3) dalam penggunaan TIK

·   Mencari informasi tentang K3

·   Mengetahui prinsip-prinsip Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3)

Penugasan individu/ kelompok

45

Buku panduan, internet, buku digital



·   Mendiskusikan tentang pentingnya Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) pada penggunaan TIK
·   Memperagakan posisi duduk dengan baik dan benar
Uraian
45
Buku panduan, internet, buku digital



·   Menempatkan letak meja, kursi dan unit komputer sesuai dengan prinsip-prinsip Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3).
·   Bekerja menggunakan komputer sesuai prinsip-prinsip Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3)
(Kecakapan Hidup: Kesadaran akan eksistensi dan potensi diri, menggali informasi, dan komunikasi tertulis)

·   Mendemonstrasikan cara menggunakan komputer dengan memperhatikan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3)
Praktik

45



45

Buku panduan, internet, buku digital







Kompetensi Dasar            :    3.3     Menghargai pentingnya Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) dalam teknologi informasi dan komunikasi
Alokasi Waktu       : 90  menit
                                   2 jam pelajaran

No
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian
Penilaian
Alokasi waktu (Menit)
Sumber/ Bahan/Alat

3.3.1

UU Hak Cipta

·   Mencari informasi tentang undang-undang hak cipta
·   Mencari informasi tentang contoh Hak Cipta dari perangkat lunak

·   Menjelaskan tentang undang-undang mengenai Hak Atas Kekayaan Intelektual
·   Menjelaskan contoh hak cipta dari perangkat lunak

Penugasan individu/ kelompok

45

Buku panduan, internet, buku digital


·   Mendiskusikan UU Yang berkaitan dengan sangsi pelanggaran Hak Cipta.
(Kecakapan hidup: menggali informasi, mengolah informasi, mengambil keputusan)


Uraian

45







Standar Kompetensi        :    4.       Menggunakan Operating System (OS)
Kompetensi Dasar            :    4.1     Melakukan operasi dasar pada operating system (OS) komputer
Alokasi Waktu       : 180  menit
                                   4 jam pelajaran

No
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian
Penilaian
Alokasi waktu (Menit)
Sumber/ Bahan/Alat

4.1.1

Sistem Operasi

·   Mencari informasi tentang sistem operasi

·   Menjelaskan fungsi BIOS

Penugasan individu/ kelompok

30

Buku panduan, internet, buku digital



·   Mendiskusikan fungsi-fungsi sistem operasi
·   Menjelaskan fungsi Sistem Operasi
Uraian
45
Buku panduan, internet, buku digital



·   Menyimpulkan perbedaan tentang BIOS dan Sistem Operasi melalui diskusi
·   Membedakan Sistem Operasi dan BIOS
Praktik
15
Buku panduan, internet, buku digital



·   Menggunakan BIOS
·   Mempraktikkan operasi dasar BIOS dan sistem operasi
(Kecakapan hidup: menggali informasi, mengolah informasi, mengambil keputusan)

·   Mendemonstrasikan penggunaan BIOS dan sistem operasi



45
45









Kompetensi Dasar            :    4.2     Melakukan setting peripheral pada operating system (OS) komputer
Alokasi Waktu       : 225 menit
                                   5 jam pelajaran

Tidak ada komentar:

Posting Komentar